Ganti Shockbreaker Belakang Vario 150 eSP Gampang-gampang Susah
Tuesday, 24 February 2015 00:00

Ganti Shockbreaker Belakang Vario 150 eSP Gampang-gampang Susah

Rate this item
(35 votes)

Mau tampilan Honda Vario 150 lebih keren dan beda dengan yang lain, tentunya menjadi syarat mutlak setiap pemilik kendaraan roda dua ini untuk mulai memodifikasi sebagain part standar bawaan pabriknya. Dan selain untuk memberikan ciri khas setiap pemiliknya, juga untuk menambah kenyamanan sebagai penunjang aktifitas saat bawa motor ini.

Dan kebetulan sekali, pada saat berkunjung di toko variasi di bandung ini, ada yang hendak mengganti shockbreaker dengan merk aftermarket, YSS C Euro. Dengan konsep hitam kombinasi merah yang sebagian part yang plug n paly sudah ditempel disetiap sisi motor Honda Vario 150 eSP milik Rio ini. Diganti dengan merk YSS C Euro ini, dikarenakan selain warna yang cocok dengan motornya, juga dikarenakan shock aftermarket ini lebih keras dan stabil, selain itu tingginya juga sama dengan shock standar bawaan pabrik.

Nah, ternyata tidak segampang motor lainnya untuk mengganti shock belakang ini, dikarenakan banyak baut-baut yang harus dilepas termasuk body belakang yang hampir semua harus dilepas. Berikut adalah cara untuk mengganti shok belakang Honda Vario 150 eSP.

Pertama, siapkan peralatan, diantaranya obeng plus (+), kunci 10, 12 dan 14, disarankan menggunakan kunci model letter T untuk memudahkan bongkar/pasang baut-bautnya. Setelah itu baut yang ada body belakang bagian samping kanan dan kiri harus dilepas semua, termasuk bagian behel. Lalu bagian underseat harus dilepas juga. Setelah itu baru deh bagian jok dan bagasi harus ikut-ikutan dilepas juga, dan jangan lupa semua baut dikumpulkan di tempat kecil biar ga hilang sebagian bautnya.

Selanjutnya jangan lupa buka juga baut pada bagian tanki bensin dengan kunci ukuran T12, dan harus diingat ada satu baut yg lebih panjang yg nempel di bagian tanki bensin ini yang diberi tanda seperti di foto. Kemudian baru ke bagian lampu bagian belakang, buka baut yang menempel di bagian bawah lampu rem. Setelah terbuka semua baru bisa keliatan baut yang menempel ke shockbreaker dai bagian dalam seperti di foto nomor 9. Dengan menggunakan kunci pas ukuran 14, bisa dibuka dengan sedikit tenaga.



Kemudian, buka baut yang ada dibagian bawah shockbreaker dengan kunci T14. Setelah baut terlepas semua, mulai deh cabut shock bagian atas dengan cara menggeser ke bagian samping kanan agar terlepas dari as yang menempel di bagian rangka motor. Jangan lupa setelah shock bawaan terlepas, karet yang ada di shock tersebut dicabut untuk dipasang kembali ke shockbreaker aftermarket YSS ini. Dikarenakan untuk Honda Vario 150 eSP ini tidak memerlukan bosh pada bagian lubang yg ada di bagian shock.

Setelah semua bisa terpasang dengan sempurna, jangan lupa untuk memasang baut-baut yang sudah dibongkar tadi dengan teliti, apabila kuran pas jangan dipaksakan biar ga rusak ulir bautnya. Dan silahkan di pasangkan kembali baut-baut lainnya sampai body motor kembali utuh dengan cara kebalikan dari cara bongkar baut seperti diatas. Semoga membantu jow...
 

Read 32981 times

Admin & Author of Maticaholic.com

Untuk yang berminat mengirimkan bahan artikel/review produk/promo produk/profil klub motor dan lain sebagainya, untuk pemuatan di website ini, silahkan kirim email ke support@maticaholic.com